Padang – Sekretaris DPW PKS Sumatera Barat (Sumbar) Rahmat Saleh mengungkapkan sosok yang akan mendampingi petahana Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Rahmat mengatakan, saat ini sosok yang akan mendampingi Mahyeldi masih dalam tahap proses, dan masih terbuka lebar bagi PKS.

“Tentunya banyak kandidat yang kira-kira bisa mendampingi Buya (Mahyeldi). Masih terbuka lebar bagi PKS. Tapi, yang jelas ada beberapa hal yang mungkin menjadi perhatian serius sebagai pendamping Buya,” kata Rahmat di Padang, Selasa (4/6/2024).

Ada sejumlah kriteria yang ditetapkan PKS untuk mendampingi Mahyeldi. Pertama soal usia, dimana harus terjalin kombinasi usia antara Mahyeldi dengan wakilnya.

Dengan kata lain, PKS mengisyaratkan pendamping Mahyeldi adalah sosok anak muda.

“Buya ini cenderung beliau (adalah) sosok yang dewasa, kemudian matang ya. Kita mencari pendamping beliau yang mewakili anak-anak milenial,” jelasnya.

Lanjut Rahmat yang tidak kalah penting adalah soal geopolitik atau daerah calon Wagub berasal. “Ini juga kita perhatikan, agar bisa mewakili berbagai representasi daerah di Sumbar, (misal) Buya dari Agam dan Kota Padang, tentu kita cari wakil kalau bisa menambah suara dari sektor (daerah) lain,” katanya.

Kemudian yang dicari PKS adalah sosok yang memiliki pengetahuan dalam mengikuti perkembangan zaman. “Terkait kemampuan leadership, dan inovasi, tentu sekarang dengan perkembangan teknologi. Kita berharap pendamping beliau bisa melengkapi dari sisi itu,” jelasnya.

Terakhir yang paling penting, memiliki kendaraan politik, termasuk berpengalaman dari berbagai organisasi.

“Sehingga ajang Pilgub (Sumbar) ini bukan (jadi) ajang coba-coba tapi melahirkan pemimpin-pemimpin yang siap, dan matang untuk memimpin Sumbar,” kata Rahmat.

Bagikan: