Padang – Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Emma Yohana bergerak cepat membantu para korban bencana Galodo di Sumatera Barat (Sumbar).

Timnya, Uni, telah terjun ke lokasi bencana di Sakingka Gunung Marapi sejak Selasa (13/5) untuk menyalurkan bantuan.

“Hari ini tim Uni sudah berjibaku kemanusiaan di daerah bencana Galodo di Sakingka Gunung Marapi,” ujar Emma Yohana kepada wartawan di Padang.

Bantuan yang diberikan berupa keperluan rumah tangga seperti sapu, ember, gayung, handuk, pakaian layak pakai, botol minuman, makanan anak-anak, sepatu bot, dan uang tunai Rp 5 juta.

“Totalnya ada 150 set bantuan,” kata Senator yang akrab disapa Uni Emma ini.

Melihat kondisi korban yang mengalami trauma fisik dan psikis akibat bencana, Emma Yohana berencana menurunkan tim trauma healing.

“Kami akan berkolaborasi dengan Sanggar Rumah Gadang untuk trauma healing, karena kondisi korban banyak alami trauma fisik atas Galodo yang berdampak masif,” jelasnya.

Bencana Galodo yang terjadi pada Sabtu (11/5) malam akibat banjir lahar dingin Gunung Marapi telah menelan lebih dari 50 korban jiwa, merusak fasilitas publik, dan meluluhlantakkan rumah warga serta lahan pertanian.

Saat ini, dua helikopter telah mendarat di daerah bencana Batu Batu Batabuah, Agam, membawa pejabat pusat dan gubernur untuk mempercepat pemulihan pascabencana.

Bagikan: